Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Resign dari Kantor, Jangan Ghosting !!!

7 Alasan Resign Kerja yang Baik

Resign atau berhenti kerja suatu hal yang tidak mudah dalam mengambil keputusan, sehingga perlu pertimbangan yang kuat agar tidak menyesal di kemudian hari. Persiapan resign harus dipersiapkan dari jauh – jauh hari, mulai dari finansial, pekerjaan baru dan bagaimana kedepannya.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika resign dari kantor :


Menyiapkan Rencana Finansial 

Merencanakan finansial setelah resign sangat penting untuk di pertimbangkan. Dalam hal ini, pastikan kamu sudah menyiapkan dana yang cukup.


Menyelesaikan Dokumen dan Administrasi 

Sebelum resign pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah beres. Termasuk surat pengunduran diri, dokumen terkait tunjangan dll, dan laporan akhir pekerjaan.


Membuat Rencana dan Jadwal Resign 

Membuat jadwal resign harus yang tepat. Sebaiknya, kamu memberitahu atasan atau lead minimal satu bulan sebelum kamu resign, Karena beberapa Perusahaan memiliki kebijakan khusus untuk karyawan yang ingin resign.


Menyelesaikan Tanggung Jawab 

Selesaikan proyek – proyek yang ada dan serahkan pekerjaanmu dengan cara yang terorganisir. Diskusikan dengan atasan dan rekan kerja tentang proses serah terima agar transisi berjalan dengan lancar.


Tunjangan dan Gaji

Pastikan gaji terakhir dan tunjangan seperti cuti tahunan yang belum diambil sudah dihitung dan dibayarkan. Jika ada tunjangan seperti pensiunan atau asuransi, pastikan kamu tahu bagaimana melanjutkannya atau mengalihkan tunjangan tersebut.


Meminta referensi atau rekomendasi ke rekan kerja

Bangun hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja. Minta referensi atau surat rekomendasi jika perlu peluang kerja di masa depan.


Kesehatan Mental dan Emosional 

Berhenti kerja bisa menjadi momen yang menegangkan. Pastikan kamu menjaga Kesehatan mental dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan.


Dokumentasi dan Arsip

Simpan Salinan penting dari dokumen pekerjaan seperti kontak, laporan tahunan dan pencapaian kerja yang bisa berguna untuk referensi masa depan.


Menyampaikan secara baik baik kepada atasan

Bahwa untuk memberi tahu Keputusan ini pada atasan itu sangat penting. Jelaskan alasan dan rencanamu secara terstruktur, persiapkan poin – poin penting yang perlu disampaikan nantinya agar mereka juga bisa menerimanya dengan baik.


Memberikan ucapan terimakasih kepada atasan dan rekan kerja

Menyiapkan perpisahan yang baik dengan rekan kerja, merupakan salah satu persiapan resign yang nggak kalah penting untuk diperhatikan.


Untuk meninggalkan kesan yang baik, mulailah dengan mengucapkan terimakasih kepada atasan dan rekan kerja.


Kamu bisa memberikan kenang – kenangan untuk rekan kerja agar mereka merasa terkesan. Hal ini bermanfaat untuk mempertahankan relasi meski sudah tidak satu kerjaan/perusahaan.


Komentar

    Kirim Komentar

    joxBox

    Hal-hal Terbaru Akan Selalu
    Update Secara Berkala

    joxBox
    ;